Katakan Tidak Untuk Tertipu: Cara Berikut Mengurangi Resiko Kamu Tertipu Saat Belanja Online!

Katakan Tidak Untuk Tertipu: Cara Berikut Mengurangi Resiko Kamu Tertipu Saat Belanja Online!

Hampir dua tahun sudah saat artikel ini ditulis, pandemi covid-19 di Indonesia belum kunjung berakhir. Aktivitas sehari-hari mulai agak terganggu hingga berjalan kurang efektif. Pekerja kantoran, kegiatan sekolah dan kuliah, hingga bisnis pun dijalankan dari rumah. Tapi Teman Koaci, tidakkah kamu menyadari sesuatu? Pola perilaku masyarakat mulai berubah dan kini terbiasa dengan kegiatan online/daring, salah satunya ialah perilaku berbelanja. Yaps, dua tahun kebelakang belanja online memang sudah ada dan muncul di permukaan, tapi kini hampir kebanyakan kalangan pasti pernah berbelanja online dan menjadi sebuah pilihan.

Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.ID, facebook/instagram shopping, dan lain-lain pasti pernah menjadi salah satu platform belanja teman Koaci bukan? Tidak perlu keluar rumah, cukup geser gambar/video lalu lakukan transaksi keuangan, dan voila! kurir pun suatu hari datang ke rumah dengan nada suara khasnya, “Paaakeeeeeeet.” Tak jarang perasaan senang timbul ketika membuka paket setelah penantian panjang. Barang yang kamu tunggu-tunggu sudah datang!

Eits, tapi setelah dibuka kok barang yang datang berbeda dengan aslinya? Ada yang pernah punya pengalaman seperti itu? Berbagi sedikit pengalaman kurang mengenakkan, waktu itu lagi ada event diskon besar-besar disuatu platform marketplace. Sebelum sampai benar-benar checkout, saya selalu baca ulang deskripsi dan review barang. Bahkan rating toko itu sendiri tidak buruk-buruk amat. Akhirnya saya membeli barang tersebut dan tak sabar menunggunya. Setelah sekian hari kurir pun datang ke rumah mengantarkan paket. Ketika dibuka, saya terkejut bukan main, jenis barangnya sama tapi tidak sesuai. Saya membeli celana dewasa warna biru, yang datang adalah kerudung bewarna biru! Seketika saya hubungi customer service namun sayang tidak banyak membantu. Rasa menyesal pun datang dan tidak ada cara lain selain mengikhlaskannya. Namun bagaimana pun, itu adalah perbuatan tidak terpuji dan tidak tepat.

Walau demikian, ada pengalaman yang didapatkan sehingga untuk kedepannya jadi pelajaran untuk lebih berhati-hati ketika berbelanja online. Semoga Teman Koaci bisa menghindari kejadian serupa ya!

1. Cek deskripsi dan review barang

            Sebelum memutuskan membeli, cek terlebih dahulu foto barang dengan deskripsi. Tak jarang banyak ditemukan gambar produk yang menarik tapi setelah tiba di rumah berbeda. Untuk memastikan apakah kesalahan penjual/pembeli, cek dan baca terlebih dahulu spesifikasi barang termasuk bahan/kualitas apabila kamu membeli produk fashion. Cek tanggal kadaluarsa apabila kamu membeli makanan atau kosmetik. Lalu cek adakah garansi barang jika kamu membeli barang elektronik. Jangan lupa untuk membaca ulasan konsumen. Be a smart seller and smart buyer!

2. Cek akun toko penjual

            Pernahkah Teman Koaci membaca/mendengar kisah suatu akun toko di Instagram memiliki pengikut ribuan hingga jutaan tapi ternyata toko itu menipu? Jumlah likes bisa jadi salah satu indikator teman Koaci untuk mengecek kebenaran suatu toko online, tapi bukan berarti mereka berbohong juga ya. Jangan sungkan untuk bertanya pada admin mengenai barang yang akan kamu beli. Cek juga rating toko tersebut bila membeli barang di suatu platform.

3. Cek harga barang

            Bukan hal yang tidak mungkin suatu harga barang yang dibawah rata-rata dari biasanya banyak diburu orang. Belum lagi kalau ada momen flash sale, semuanya berlomba-lomba mendapatkannya! Apabila kasusnya karena suatu event mungkin hal yang wajar, namun bila harganya sangat murah dibandingkan pasar, teman Koaci patut hati-hati! Pastikan untuk membaca deskripsi barang dan tanyakan pada admin sebelum benar-benar membelinya.

4. Cek status platform marketplace

            Tidak salah untuk membandingkan suatu marketplace sebelum benar-benar belanja lho. Misalnya kamu lebih memilih belanja elektronik di marketplace A ketimbang B, karena marketplace B lebih banyak rating baiknya barang fashion. Namun bisa juga berbelanja di toko yang sudah terverifikasi agar lebih aman.

Tak kenal maka tak sayang. Itulah ungkapan yang cocok bila kamu berbelanja di Koacistore. Koacistore merupakan marketplace belanja online dimana para penjualnya melewati tahap screening dan pengisian formulir sebelum benar-benar memasang produknya di Koacistore. Kalau kamu masih ragu, admin kami akan membantumu menjawab pertanyaan seputar informasi barang dan memastikan barang yang dibeli sampai di tangan Teman Koaci.

Kunjungi marketplace Koacistore di Instagram @koaci_store atau kamu bisa klik www.instagram.com/koaci_store. Jangan sampai kelewat event promo yang berlangsung ya!

RLA/rla

Koaci! Let’s See, our Sea!

Info Lebih Lanjut, Hubungi kami

📞 Whatsapp: 0813-2156-0500 (Wiwi – Investasi) / 0813-8351-8263 (Faradita – Marketplace)
📧 Email: koaci@ikapolban.id
📱 Instagram: www.instagram.com/koaci_investasi / www.instagram.com/koaci_store
🌐 Website: www.koaci.id / www.store.koaci.id

Add a Comment

Your email address will not be published.